Explore Kotagede

Kotagede - Kalian mungkin sudah tidak asing lagi ya mendengar nama Kotagede. Ya, Kotagede merupakan sebuah kecamatan di Yogyakarta yang memiliki banyak tempat wisata yang mengandung unsur sejarah.  Begitu banyak tempat di berbagai sudut Kotagede yang bisa dijadikan tempat untuk berwisata. Tidak hanya wisata untuk mencari kesenangan, namun juga wisata edukasi karena Kotagede ini merupakan daerah yang memiliki banyak sejarah  yang tentunya menarik untuk dipelajari. Nah, di tulisan aku kali ini, aku mau bahas beberapa tempat di Kotagede yang menjadi icon dan mengandung cerita sejarah yang mungkin bisa kalian jadikan referensi kalau kalian lagi liburan ke Jogja nih guys. Chek it out!

1. Makam Raja Mataram Kotagede

Gambar terkait
    
      Makam Raja Mataram Kotagede ini merupakan tempat dimana raja Mataram Islam pertama, yaitu Panembahan Senopati beserta keluarganya dimakamkan. Kompleks makam ini terletak tidak jauh dari pasar Kotagede dan dikelilingi oleh tembok yang besar dan kokoh. Pintu masuk / gapura menuju kompleks makam ini memiliki ciri khas arsitektur bernuansa Hindu. Setiap gapura memiliki pintu kayu yang tebal dengan ukiran yang indah yang biasanya dijaga oleh abdi dalem dengan busana adat Jawa. Untuk masuk ke dalam makam, kita harus mengenakan busana adat Jawa yang bisa kita sewa disana. Kita hanya diperbolehkan masuk ke Makam Raja Mataram ini setiap hari Minggu, Senin, Kamis, dan Jumat dari pukul 08.00-16.00 WIB. Jadi jangan sampai salah hari ya guys kalau kesini, nanti bisa gagal berlibur deh gara-gara makamnya tutup, hehe.

2. Kebun Binatang Gembiraloka

Hasil gambar untuk gembira loka
     
     Kalau yang ini kalian pasti udah pada tau ya temen-temen? Ya, Kebun Binatang Gembiraloka ini memang cukup terkenal sih guys. Kebun Binatang Gembiraloka ini punya daya tarik yang besar bagi setiap wisatawan yang dateng ke Jogja. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Jogja itu wajib banget yang namanya mampir ke Kebun Binatang Gembiraloka. Meskipun letaknya lumayan jauh dari daerah pusatnya, tapi Gembiraloka ini masih termasuk dalam daftar wilayah Kotagede loh guys, wow luas juga ya wilayah Kotagede ini. Di Kebun Binatang Gembiraloka ini kalian bisa ngeliat berbagai macam spesies hewan dari berbagai macam belahan dunia. Kebun binatang ini letaknya ada di daerah aliran sungai Gajah Wong. Kebun binatang ini letaknya ada di pinggir jalan raya sehingga akses untuk menuju kesana sangatlah mudah. Parkiran yang disediakan juga cukup luas sehingga bisa menampung bus-bus besar yang membawa rombongan ke kebun binatang ini. Oya, baru-baru ini pihak pengelola kebun binatang mengadakan kesepakatan dengan Singapore Zoo untuk melakukan pertukaran hewan yakni 6 ekor Penguin Jackass. Wahh gimana nih guys, tertarik buat berkunjung ke kebung binatang Gembiraloka? 

3. Pasar Legi

Hasil gambar untuk PASAR LEGI KOTAGEDE
    
     Wah kalau yang ini sih iconic banget sih guys. Kotagede itu terkenal banget sama pasarnya. Yups, Pasar Legi ini merupakan pasar yang terletak di Kotagede, dan pasar ini tuh rameee banget guys, udah kaya jadi pusat perbelanjaan untuk para ibu-ibu gitudeh, haha. Nah ternyata guys, pasar ini tu termasuk salah satu tempat yang bersejarah di Kotagede. Konon katanya, pasar ini sudah ada sejak zaman Mataram sekitar abad ke-16, jadi pasar ini bisa dikatakan sebagai pasar tertua di Yogyakarta. Hal ini menggambarkan bahwa dulunya masyarakat sekitar Kotagede banyak yang berprofesi sebagai pedagang dan perajin. Pasar inilah yang menjadi pusat kegiatan ekonomi warga sekitar dan termasuk pusat perdagangan terbesar waktu itu. Pasar ini juga menjadi saksi sejarah ketika kerajaan dibagi menjadi dua yaitu Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Wahhh menarik banget kan guys? Yuk lah kita lestarikan budaya berbelanja di pasar tradisional seperti ini. Jangan hanya belanja ke mall terus, sekali-sekali boleh lah mampir ke pasar tradisional seperti Pasar Legi ini. Selain melestarikan budaya kearifan lokal dengan berbelanja di pasar tradisional, kita juga bisa jadi lebih hemat loh karena harga yang ditawarkan di pasar tradisional pasti akan lebih murah dibandingkan dengan harga di supermarket.

4. Kawasan Sentra Kerajinan Perak

Gambar terkait
     
Nah, kalau yang terakhir ini, bener-bener ciri khas utama dari Kotagede banget, ya gak sih guys? Kalian yang denger nama Kotagede pasti yang terpikir pertama kali adalah kerajinan peraknya. Ya, memang Kotagede ini identik dengan kerajinan peraknya. Seni menempa, mengukir, dan membentuk perak menjadi berbagai macam bentuk sudah dikuasai oleh orang-orang Kotagede sejak lama secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Hasil kerajinan perak dari buah karya para pengrajin di  Kotagede sudah terkenal hingga ke mancanegara. Hampir sebagian besar warga Kotagede mencari nafkah dari hasil kerajinan perak.Nah, kalau kalian sedang berkunjung ke Jogja, boleh banget nih sempatkan waktu untuk mampir ke Kotagede, lihat-lihat hasil kerajinan perak yang sudah go Internasional itu seperti apa, kalau mau belanja sekalian juga boleh kok, hehe mumpung lagi di Jogja^^


Okeyyy thats it, demikianlah beberapa destinasi wisata yang ada di Kotagede yang bisa dijadikan referensi untuk berwisata. Menarik banget kan guys? Selain yang tertulis di atas, masih ada banyak sekali tempat-tempat lain yang bisa diexplore di Kotagede yang pastinya akan sangat seru untuk dijelajahi. Lets explore Kotagede together!^^



Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Kotagede,_Yogyakarta
https://eksotisjogja.com/kotagede-pusat-kerajinan-perak-yogyakarta/https://www.google.co.id/search?q=sentra+kerajinan+perak+kotagede&rlz=1C1CHZL_enID804ID804&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjxscDVvK7eAhUFro8KHcEeBlwQ_AUIDigB&biw=1517&bih=675#imgdii=XH4h-OawsCEqFM:&imgrc=Q_c6jj8j6CyvdM:
http://jogja.tribunnews.com/2017/11/21/pasar-legi-kotagede-pasar-tradisional-sarat-sejarah-di-yogyakarta
https://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Binatang_Gembira_Loka
https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g294230-d3279249-i148334388-Kotagede_Mosque-Yogyakarta_Java.html



Komentar

Postingan Populer