Explore Makanan Khas Kota Bantul

Bantul - Kota Bantul merupakan salah satu wilayah di kota Jogja yang memiliki banyak potensi diberbagai macam bidang. Salah satunya dibidang kuliner. Banyak sekali masakan khas dan nikmat yang ada di Bantul ini. Bahkan ada juga makanan yang pembuatannya itu dibantu oleh seekor sapi loh, wah apa ya makanan itu kira-kira? Penasaran? Yuk kita lihat sama-sama apa aja makanan khas dan nikmat yang ada di Bantul.

1. Sate Klathak

Hasil gambar untuk sate klathak
    
     Disini ada yang tahu sate klathak itu apa? Atau mungkin sudah pernah mencicipi sate klathak? Beberapa diantara kita pasti ada yang masih asing ya mendengar nama sate klathak? Mungkin ada yang pernah berkunjung ke Bantul terus bingung sepanjang jalan di Bantul itu banyak banget tulisan sate Klathak itu sebenernya apaan sih. Nah buat yang belum tahu sate klathak itu apa, aku mau kasih pengetahuan sedikit nih. Jadi, sate klathak itu merupakan sate kambing asal kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa, kegiatan membakar sate di tempat terbuka itu dinamakan "klathak". Itulah sebabnya mengapa makanan ini dinamakan sate klathak. Sate klathak ini berbeda dengan sate-sate pada umumnya. Sate klathak ini biasanya hanya dibumbui dengan garam dan lada sebagai bumbu utamanya. Dalam penyajiannya, biasanya sate klathak ini dihidangkan dengan kuah gulai. Meskipun terlihat sederhana, namun rasa dari sate ini tidak perlu diragukan lagi. Citarasa khas dari sate ini akan sangat memanjakan lidah kita semua. Gimana, tertarik untuk mencoba sate klathak ini guys?

2. Gudeg

Hasil gambar untuk gudeg

       Siapa disini yang gatau Gudeg? Pasti semua udah pada tau kan? Ya, Gudeg ini merupakan makanan khas Bantul juga yang menjadi icon utama kota Yogyakarta. Hampir semua masyarakat Indonesia tahu bahwa Gudeg ini merupakan makanan khas dari Yogyakarta. Setiap ada wisatawan yang ke Jogja, pasti wajib banget yang namanya makan Gudeg. Rasanya belum afdol ya kalo ke Jogja tapi gak makan Gudeg. Lalu, Gudeg itu apa sih sebenarnya? Gudeg merupakan makanan khas dari Yogyakarta yang sudah ada sejak zaman Mataram Islam yakni sekitar tahun 1500-an.  Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Warna coklat pada Gudeg dihaslikan oleh daun jati yang dimasak bersamaan dengan nangka muda dan santan tadi. Nah dalam penyajiannya, Gudeg akan disajikan dengan berbagai macam pilihan lauk tambahan seperti telur, tempe, krecek, ayam, dan masih banyak lagi. Rasa manis nan legit dari Gudeg ini benar-benar membuat rasa Gudeg melekat dan tak terlupakan. Nah guys, buat kalian yang belum pernah cobain Gudeg, kalian wajib banget cobain makanan yang satu ini, dijamin nagih! 

3. Bakmi Pentil

Hasil gambar untuk bakmi pentil

     Mie Pentil merupakan mie asli dari daerah Pundong, Bantul yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Mie Pentil merupakan mie yang terbuat dari tepung tapioka. Ciri khas dari makanan ini yaitu tekstur mie nya yang kenyal, hal inilah yang menyebabkan makanan ini dijuluki mie pentil, karena tekstur mie nya kenyal seperti karet pentil. Soal rasa, sudah tidak perlu diragukan lagi guys. Mie pentil ini rasanya enak dan pastinya akan memberikan sensasi tersendiri ketika memakannya karena teksturnya yang begitu kenyal. Nah, kalau kalian penasaran sama rasa mie pentil ini, kalian bisa berkunjung ke Pasar Pundong Bantul, disana akan banyak penjual mi pentil yang bisa  ditemui. Selamat mencoba guys!

4. Mie Lethek

Gambar terkait

     Mie tapi buatnya dibantu sama sapi? Mie apaan tuh? Diantara kalian pasti ada yang mikir gitu, iya gak? Kalau kalian ada yang tanya mie apa yang dalam proses pembuatannya dibantu sama sapi, jawabannya adalah Mie Lethek. Ya, Mie Lethek merupakan makanan khas dari kota Bantul yang dalam proses pembuatannya dibantu oleh tenaga sapi. Peran sapi dalam proses pembuatan mie lethek ini yaitu sebagai tenaga penggerak alat pembuat adonan. Jadi si sapi ini bakal jalan muterin lingkaran itu sambil nggerakin alat pengaduk adonan buat bahan mie letheknya itu guys. Kasian juga ya si sapi ini, kebayang kan dalam sehari dia harus muter muter disitu berapa kali? Tapi ya namanya resep turun temurun ya jadi memang seperti itu caranya. 
     Terus kalo mie letheknya itu sendiri sebenernya kaya gimanasih bentuknya? Nah, kalo mie lethek ini sebenernya bentuknya hampir mirip sama mie bihun yang biasanya ituloh teman-teman, cuman bedanya kalau mie lethek ini bahan dasarnya itu dari tepung tapioka dan singkong, jadi warnanya itu nggak putih bersih kaya mie bihun gitu, tapi agak keabu-abuan alias "lethek" . Mie Lethek ini sebenernya mirip sama mie pentil yang sebelumnya udah kita bahas tadi, bedanya cuma di cara pengolahannya aja. Kalo mie lethek ini biasanya dimasak kaya hidangan bakmi jawa yang terkenal dimana mana itu loh teman-teman. Jadi bisa dibuat berkuah bisa juga dibuat goreng. Soal rasa, mie lethek ini endessss abisss serius. Sensasi makan mie nya itu, legit banget temen-temen. Jadi rasanya itu mie nya agak lenkget-lengket enak gitu, pokoknya nagih banget sih mie lethek ini. So, buat kalian-kalian yang penasaran gimana rasanya mie lethek ini, boleh banget main-main ke Bantul buat cicipin masakan ini. 
Gambar terkait


     Nahhh gimana guys, udah pada laper baca tulisan tentang makanan-makanan tadi? Yuk deh daripada kelaperan mending kita langsung cus aja cobain makanan-makanan khas Bantul tadi yang pastinya rasanya bakalan yummy banget, hehe. Oke guys so cukup sekian dulu ulasan aku tentang makanan-makanan khas dari Bantul. Kalau kalian masih ingin tahu lebih banyak tentang makanan lainnya yang ada di Bantul ini, kalian boleh komen dibawah tulisan ini, nanti akan aku tuliskan lagi di blog aku selanjutnya tentang makanan lain yang ada di Bantul dan diluar Bantul juga. Ok then, thanks for reading guys! Much love^^


Sumber referensi:
https://eksotisjogja.com/makanan-khas-bantul-enak-dan-menggugah-selera/
https://www.google.co.id/search?q=mie+lethek&safe=strict&rlz=1C1CHZL_enID804ID804&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwikwYe6qK_eAhXLXn0KHSnCCBIQ_AUIDigB&biw=752&bih=402#imgdii=gXeSu59zdsf7eM:&imgrc=uds06ewLxxKnKM:
https://www.google.co.id/search?q=apa+itu+mi+lethek&rlz=1C1CHZL_enID804ID804&oq=apa+itu+mi+lethek&aqs=chrome..69i57j0.4854j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Komentar

Postingan Populer