Adat Istiadat Masyarakat Bantul

BANTUL - Berbicara masalah adat istiadat, Indonesia ini sangatlah kaya dan beragam adat istiadatnya. Setiap daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki adat istiadatnya masing-masing. Tak terkecuali masyarakat di Bantul, Yogyakarta. Masyarakat Bantul juga memiliki adat istiadat sendiri yang masih mereka jaga dan laksanakan hingga saat ini. Mari kita lihat apa saja adat istiadat yang ada di masyarakat Bantul Yogyakarta.

1. Upacara Labuhan Parangkusuma

Gambar terkait
 
    Upacara Labuhan Parangkusuma ini merupakan sebuah tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Yogyakarta dengan memberi sesaji kepada Kanjeng Ratu Kidul yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai penguasa laut selatan. Kata "labuh"  artinya mirip dengan kata "larung" yang artinya membuang sesuatu ke laut.  Selain itu, kata "larung" juga bisa diartikan memberi sesaji kepada roh halus yang ada di suatu tempat. Dalam upacara ini, sesaji yang dilarung ke laut merupakan sesaji yang berasal dari keraton Yogyakarta yang kemudian dibawa ke pendopo Parangkusuma untuk diberi doa-doa sebelum nantinya akan dilepaskan ke laut. Upacara ini dilakukan sebagai upaya manusia untuk selalu ingat kewajibannya atas bumi yang telah memberikan ruang bagi segala hidup. Hal ini disimbolkan bahwa dengan dikembalikannya apa yang menjadi milik bumi melalui laut merupakan lambang keseimbangan dan kesucian alam.

2. Upacara Bersih Desa Parangtritis Kretek

Gambar terkait

     Upacara Bersih Desa Parangtritis Kretek ini sering disebut juga sebagai upacara adat Bhekti Pertiwi. Upacara ini dilakukan dengan melarung sesaji ke laut, ditambah dengan prosesi kenduri setelah prosesi pelarungan sesaji ke laut. Sesaji yang diguwang ke laut antara lain jadah, wajik, pisang raja, bunga rasulan, jajan pasar, dan lain sebagainya. Upacara ini dilaksanakan dengan tujuan melestarikan budaya luhur warisan nenek moyang bangsa Indonesia, selain itu juga sebagai ungkapan syukur terhadap Tuhan YME yang telah memberikan rejeki kepada masyarakat di desa tersebut. 

     Nah, beragam sekali bukan adat istiadat di negeri kita tercinta ini? Kita sebagai masyarakat yang berbudaya harus bisa melestarikan budaya peninggalan nenek moyang kita, jangan sampai adat luhur dari pendahulu kita lebur dan hilang begitu saja. Dua acara adat diatas merupakan sebagian kecil dari banyaknya upacara adat yang ada di Bantul Yogyakarta. Untuk upacara adat yang lainnya akan saya bahas ditulisan saya selanjutnya. Thanks for reading guys!Much love ^^


Sumber : 
http://blog.ugm.ac.id/2010/11/05/ragam-upacara-adat-di-kabupaten-bantul/
https://media.neliti.com/media/publications/23797-ID-memaknai-tradisi-upacara-labuhan-dan-pengaruhnya-terhadap-masyarakat-parangtriti.pdf




Komentar

Postingan Populer